Field Trip to EcoPArk Ancol

Tahun ini, TK B Al-Bayan Islamic School memilih Outbond sebagai pendekatan kegiatan Field Tripnya. Pemilihan kegiatan tersebut bertujuan untuk memfasilitasi kebutuhan anak akan tantangan ketangkasan dan untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menghadapi berbagai rintangan permainan.

Kegiatan tersebut diadakan di Ecopark – Ancol. Sebuah tempat di Taman Impian Jaya Ancol yang memang di design untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan wisata edukasi, khususnya yang berkaitan dengan ketangkasan dan permainan rintangan serta interaksi dengan berbagai macam makhluk hidup yang biasa dijumpai di sekitar kita.

Field Trip yang dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 22 Maret 2017 ini diikuti oleh 75 siswa dan 12 orang pendamping yang terdiri dari pimpinan unit, guru, dan helper. Mereka berangkat menuju lokasi dengan mengendarai 2 unit bis pada pukul 06.30 dan tiba di sana pada pukul 09.00.

Sesampainya di Ecopark, peserta disambut dengan ice breaking yang dipandu oleh fasilitator kegiatan dan dilanjutkan dengan berkreasi dengan membuat berbagai bentuk benda dari clay, Feeding animal  yaitu member makan rusa, bebek dan kambing etawa, serta kegiatan Planting yang diisi dengan menanam jagung.

Setelah itu dilanjutkan dengan mengunjungi rumah lebah. Di sini, walaupun aman dari resiko sengatan lebah – anak-anak tetap mengenakan baju pelindung dari sengatan lebah, agar dapat merasakan nuansa alamiah kegiatannya dan kunjungan menjadi  lebih berkesan bagi mereka. Mereka mendapatkan penjelasan tentang perkembangbiakan lebah dan manfaatnya bagi manusia.

Antusias anak-anak tidak berhenti sampai di situ. Semangat mereka bertambah ketika mereka melanjukan ke kegiatan Bertani. Mereka tertawa riang saat membajak sawah sambil mengendarai kerbau yang tengah asyik bekerja dan dilanjutkan dengan menanam padi yang sudah disiapkan oleh fasilitator. Setelah itu, mereka bermain air, sambil mempraktekkan cara membuat penyulingan air sederhana. Kemudian mengunjungi Green House  yang ditanami berbagai macam jenis bunga.

Kegiatan terakhir adalah kegiatan yang ditunggu-tungu, yaitu bermain flying fox. Walaupun sangat bersemangat untuk bermain, tetapi mereka tetap sabar antri menunggu giliran. Bagi yang sudah selesai, langsung menuju tempat mandi untuk bersih diri dan berganti pakain.

Sekitar pukul 1 siang, seluruh rangkaian kegiatan selesai. Mereka sholat dhuhur dan makan siang, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan pulang menuju Al-Bayan. Pukul 15.30 mereka sampai di sekolah dan langsung pulang ke rumah masing-masing bersama jemputan mereka.(ed.red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *