SD Al Bayan

KURIKULUM SD Al-BAYAN ISLAMIC SCHOOL

Kurikulum yang digunakan di SD Al-Bayan Islamic School adalah kurikulum Nasional yang dikembangkan dan diperkaya dengan kurikulum muatan lokal, pengembangan diri dan program unggulan. Untuk menciptakan siswa yang mandiri dan menjadi problem solver, maka Kegiatan belajar yang dilakukan berpusat pada siswa dengan metode active learning dengan sistem pembelajaran terpadu (Integrated Learning ) yang didukung dengan suasana belajar yang PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) serta sarana dan media belajar yang sangat memadai untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa.

Struktur Kurikulum nasional meliputi keseluruhan mata pelajaran yang diamanahkan dalam Standar Isi Kurikulum (Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBK, dan Penjasorkes) dan didukung dengan kurikulum muatan lokal (Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan program unggulan, serta pengembangan diri dan kegiatan ekstrakurikuler.

 

PROGRAM UNGGULAN

1. Tahfidz dan Tahsin

Program menghafal Al-Qur’an yang diberikan secara intens kepada siswa dengan target hafalan 3 juz. Tahfiz menekankan hafalan Al-Qur’an secara berkesinambungan dan menjaganya dengan baik, serta membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu Al-Qur’an dengan baik dan benar.

2. Laboratorium Al-Qur’an (Qur’an Center)

Untuk menguatkan dan memperdalam pemahaman tema yang telah diajarkan dalam kelas dan memahami isi dan kandungan Al Qur’an yang dikaikan dengan materi sains dan sosial dengan menggunakan media audio-visual dalam penyampaiannya.

3. Perpustakaan Plus (Library Plus)/Pendidikan Literasi

Untuk mengenalkan kepada siswa tentang dunia buku serta melatih keterampilan dalam kegiatan menulis, membaca, berbicara, dan bercerita. Serta pembiasaan diri untuk gemar buku, membaca dan perpustakaan, selain sebagai penunjang program-program kegiatan belajar di kelas.

PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI

Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan ke­butuhan, bakat, dan minat setiap siswa. Pengembangan Diri di SD Al Bayan Islamic School meliputi 2 (dua) kegiatan, yaitu :

1. Bimbingan Konseling dan Keputrian

2. Ekstrakurikuler.

 

Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan:

I. Ekstrakulikuler Wajib : Pramuka

II. Olahraga dan Kesehatan

a. Futsal

b. Dokter Cilik

III. Bela Diri

a. Taekwondo

b. Pencak Silat

IV. Kesenian

a. Paduan Suara

b. Angklung

c. Drumband

d. Menggambar

e. Art & Craft

f. Robotik

 

PROGRAM KEGIATAN SISWA

Seluruh kegiatan siswa disusun agar dapat memperdalam serta menguatkan pemahaman siswa terhadap materi-materi yang disampaikan, kegiatan tersebut antara lain:

1. Pesantren Ramadhan

2. Al-Bayan peduli

3. Field Trip

4. Book Week

5. Latihan Dasar Kemandirian

6. Puncak Tema

7. Eksplorasi Materi

8. Fun Cooking

9. Musabaqah Hifzil Qur’an

10. Exhibition

11. Training Motivasi

12. Performance Day

 

METODE SEKOLAH

· Full Day School

· Kelas Kecil (hanya 25 siswa per kelas) dan Moving Class

· Menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari

 

WAKTU BELAJAR

Kegiatan belajar SD Al-Bayan Islamic School berlangsung selama 5 hari dalam satu minggu,

yaitu: Senin – Jum’at. Adapun alokasi waktu belajar SD sebagai berikut:

Kelas I-II : 07.00-13.20

Kelas III : 07.00-13.55

Kelas IV-VI : 07.00-14.30