Outing Class SMP Al-Bayan Islamic School

Outing Class SMP Al-Bayan Islamic School

Outing class merupakan bentuk pembelajaran di luar kelas (outdoor learning activity) yang kali ini mengambil tema teknologi. Dengan melihat perkembangan teknologi dan internet saat ini maka kami merasa perlu menginformasikan terkait penggunaan teknologi dan internet sehat terhadap siswa-siswi kami, maka dari itu SMP Al-Bayan Islamic School bekerjasama dengan PTA (komite sekolah) mengadakan kegiatan Outing Class yang dikemas dalam bentuk seminar “Penggunaan Internet Sehat” dan Pelatihan Ms. Office. Outing Class ini diikuti oleh semua siswa kelas VII, VIII dan kegiatan ini diselenggarakan di Balai Pelatihan & Riset TIK Kemeninfo, Jl. Kertamukti No.10, RT.4/RW.8, Pisangan, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

Pagi itu anak-anak sangat antusias untuk datang ke sekolah lebih awal dibandingkan dengan hari biasanya. Siswa-siswi berkumpul di sekolah pukul 06.30 dan langsung diberikan arahan oleh bapak ibu guru pendamping dan selanjutnya mereka menaiki bus untuk menuju ke tempat kegiatan tersebut. Diawali dengan pembacaan doa naik kendaraan dan dilanjutkan dengan murojaah hafalan Al Qur’an bus pun mulai melaju, tidak butuh waktu lama kami sudah sampai di gedung pusat TIK Nasional, Keminfo.

Sesampainya di Pusat TIK Nasional kami langsung di sambut oleh Bapak Dimas Anindityo selaku Koordinator Balai Pelatihan dan Riset TIK Nasional. Setelah registrasi peserta, acara pun langsung dimulai dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan dan Doa. Pembicara utama dalam seminar mulai tampil dan menyampaikan materi dengan gaya yang cukup menarik, dan tidak membosankan, dari materi seminar pembicara menampilkan nilai positif dan negartif dari penggunaan internet atau media sosial. Kegiatan seminar ini di akhiri dengan tanya jawab.

Setelah acara seminar selesai dilanjutkan coffe break, istirahat sekitar setengah jam dan dilanjutkan pelatihan Ms. Office. Dalam pelatihan ini seluruh siswa dibagi menjadi 7 kelas, masing-masing kelas dipandu oleh dua kakak mentor, pelatihan sesi satu berakhir hingga waktu ISHOMA tepat pukul 12.00. selanjutnya sesi kedua dilanjutkan mulai pukul 13.00 sampai waktu coffe break pukul 14.30 dan sesi tiga berakhir sampai pukul 16.00. dan kegiatan outing class ini pun berakhir. Anak anak terlihat senang dan menikmati pembelajaran ini dan perjalanan pulang pun berjalan lancar sampai kembali di sekolah.

Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi siswa-siswi kita, dan mudah-mudahan kegiatan outing class tahun depan bisa terlaksana lebih baik lagi. Tak lupa kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada ibu Krisnawati selaku ketua PTA dan jajaran pengurus PTA yang lain, yang sudah banyak membantu demi terlaksananya kegiatan ini. Jaza-Kamallah Khairan Katsiiraa.

 

Penulis: Arif Rahman Hakim, S.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *