Jum’at Barokah: Berbagi dan Berempati

Jum’at Barokah: Berbagi dan Berempati

Alhamdulillah hari Jum’at, 10 Agustus 2018 telah sukses dilaksanakan kegiatan Jum’at Barokah perdana SMP Al-Bayan Islamic School di tahun ajaran 2018-2019 ini. Jum’at Barokah adalah agenda rutin bulanan yang diprakarsai oleh PTA (Parent Teacher Association) SMP Al-Bayan islamic School.

Menurut keterangan Ketua PTA, Ibu Krisnawati, latar belakang dari diadakannya Jumat Barokah adalah salah satu program unggulan yg di ajukan oleh divisi rohis PTA. Ide tersebut digagas oleh Ibu Ani (orangtua dari salah satu siswi), yang ingin sekali mengajak para orangtua murid untuk menyisihkan sedikit rejekinya untuk bersedekah.

Target utama yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah:
1. Mengajak orang tua memberikan teladan bersedekah pada anak-anak sehingga dapat menanamkan sikap empati pada anak melalui contoh konkrit nyata bukan teori atau tutur nasehat semata,

2. Menghindarkan anak dari sifat kikir,

3. Mengajarkan anak bahwa manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan,

4. Menanamkan sikap ikhlas pada anak, memperkuat keimanan anak dan sebagai salah satu cara bersyukur atas rejeki Allah SWT

Pelaksanaan Jumat Barokah secara rutin adalah pada minggu pertama setiap bulan. Kegiatan positif ini melibatkan langsung perwakilan siswa dan pengurus OSIS secara bergiliran, perwakilan pengurus PTA, serta beberapa orang perwakilan guru.

Sedangkan mekanisme pengumpulan dana adalah melalui penyebaran surat ajakan bersedekah yang dibagikan kepada seluruh siswa untuk disampaikan pada orangtuanya, atau pun ajakan secara persuasi dan personal melalui jalur pertemanan untuk ikut berpartisipasi di program Jumat Barokah dalam bentuk uang. Seluruh nominal yang terkumpul kemudian akan disalurkan baik langsung turun ke jalanan atau ke beberapa titik pos dhuafa dan juga ke yayasan yatim piatu.

Pada Jumat Barokah kali ini, kegiatan diisi dengan pembagian nasi box dengan titik donasi utama adalah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di area Petukangan Selatan. Selain itu, nasi box juga dibagikan kepada yang membutuhkan di beberapa titik sepanjang rute jalan yang dilalui.

Penulis: Puri Fitriani S.Sos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *