Buku Panduan Sosialisasi  Program Kegiatan Sekolah

Buku Panduan Sosialisasi Program Kegiatan Sekolah

Salah satu agenda rutin tahunan di LPI-ALBAYAN adalah penyelenggaraan acara OPEN DAY. Dalam rangkaian acara Open Day, biasanya selalu dibagikan Buku Panduan Program Kegiatan kepada seluruh orangtua murid. Dan sebagaimana unit SD dan SMP, unit KB-TK ALBAYAN tahun ini juga membagikan Buku panduan Program Kegiatan Sekolah seperti tahun-tahun sebelumnya.

Konten dari Buku Panduan Program Kegiatan unit KB-TK AlBayan ini terbilang sangat lengkap. Diawali dengan informasi data pendidik dan tenaga kependidikan Tahun Pelajaran 2018-2019, yang mencantumkan info jajaran guru dan wali kelas beserta nomor telepon untuk memperlancar komunikasi antara guru dan orangtua murid. Termasuk para guru sentra dan penjelasan masing-masing sentra yang diampu.

Kemudian juga tercantum Rencana Kalender Pendidikan selama setahun ke depan, yang menyebutkan secara singkat seluruh jadwal  kegiatan belajar mengajar beserta tanggal pelaksanaannya. Dilanjutkan dengan deskripsi penjabaran lengkap setiap tema dan sub tema materi ajar beserta landasan Al-Qur’an/ Hadist pendukungnya. Daftar menu kegiatan memasak yang sesuai tema pembelajaran selama satu tahun pun turut diinformasikan kepada orangtua melalui buku panduan program ini. Hingga daftar nama-nama Allah dalam Asmaul Husna, doa harian, kumpulan lagu serta paparan hadist dan ayat yang disampaikan dalam kegiatan belajar mengajar pun terinfokan lengkap.  Isi buku panduan ini ditutup dengan jabaran kegiatan harian sesuai urutan jadwal tiap jam.

Menurut ibu Astri, salah satu orangtua murid, Buku Panduan Program Kegiatan Sekolah inisangat penting untuk dibagikan setiap awal tahun pelajaran sebagai acuan bagi orangtua untuk dapat mendukung program sekolah di rumah. Terlebih tidak semua orangtua dapat setiap hari hadir ke sekolah untuk berkomunikasi dengan wali kelas terkait dengan program dan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Lebih lanjut,  Buku Panduan Program Sekolah ini juga sangat bermanfaat untuk perencanaan kegiatan kebersamaan dengan keluarga, misalnya dalam merencanakan kegiatan berlibur atau ibadah keluarga, seperti umroh.

Penulis: Puri Fitriani S.Sos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *