Pembelajaran Sentra “Binatang Ciptaan Allah”

Pembelajaran Sentra “Binatang Ciptaan Allah”

Minggu ini menu Pembelajaran TK AL BAYAN bertema “Binatang Ciptaan Allah”. Menggunakan pendekatan sentra, anak-anak merasakan keterlibatan dengan beberapa jenis binatang. Baik melalui simulasi ataupun interaksi langsung dengan beberapa jenis hewan. Tujuan dari tema pembelajaran ini adalah mengasah kepekaan terhadap sesama mahluk hidup, lebih memahami kebesaran Allah melalui mahluk-mahluk ciptaanNya, sekaligus melatih motorik kasar dan motorik halus para siswa.

Model pembelajaran sentra ini sengaja dipilih untuk digunakan karena cara ini adalah model pembelajaran yang menyeimbangkan antara bimbingan guru dan inisiatif anak.

Bermain dipandang sebagai kerja, sehingga anak dipacu agar menyelesaikan dari memulai hingga akhir “start to finish”. Model pembelajaran ini menekankan pada aspek pengembangan minat, potensi, dan kekuatan anak.

Perbedaan yang terlihat ketika pengelolaan di dalam kelas. Dimana dalam sistem area anak bebas bergerak di semua area, sedangkan sistem sentra anak bebas bergerak dalam bermain dalam area sentra setiap harinya

Penulis: Puri Fitriyani, S.Sos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *