Supercamp Membuat Siswa Tambah Super

Supercamp Membuat Siswa Tambah Super

Berkemah merupakan salah satu kegiatan yang mendukung penanaman dan pembentukan karakter positif pada siswa. Beberapa manfaat dari berkemah antara lain:

  1. Menumbuhkan Keberanian

Manfaat utama berkemah adalah menumbuhkan keberanian pada diri anak. Terutama Keberanian untuk sementara waktu berjauhan dengan orang tuanya sehingga mental anak menjadi kuat dan tidak mudah cengeng. Berkemah juga melatih keberanian anak untuk menjadi seorang pemimpin regu atau setidaknya berani untuk dipimpin secara baik.

  1. Melatih Kemandirian dan Disiplin

Saat kegiatan berkemah berlangsung, para anak dengan sendirinya terlatih untuk mandiri. Sebisa mungkin ia belajar menjaga barang-barang yang ia bawa, mengemas barang-barangnya kembali setelah digunakan, dan melakukan kegiatan untuk kebutuhan dirinya secara mandiri tanpa bergantung orang tuanya. Kegiatan berkemah juga mengedepankan kedisiplinan seperti tidur, bangun tidur, makan, mandi, dan menyelesaikan tugas yang diberikan.

  1. Menumbuhkan Semangat Gotong Royong dan Musyawarah

Dalam kegiatan berkemah, segala sesuatu untuk kepentingan umum dilakukan secara bersama-sama. Contohnya mendirikan kemah, mengumpulkan kayu bakar untuk perapian, dan patroli bergilir di saat malam hari. Saat terjadi suatu masalah, maka semua peserta akan bermusyawarah untuk mencari cara yang tepat memecahkan masalah. Semua dilakukan dengan semangat gotong royong dan musyawarah demi kepentingan seluruh peserta kegiatan berkemah.

SMP Al Bayan pun memiliki kegiatan rutin berkemah tahunan dalam tajuk SUPERCAMP. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dan 8. Supercamp 2018 ini diadakan di ARMY CAMP-Gunung Bunder, Bogor, Jawa Barat.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, para siswa selalu gembira dan antusias mengikuti Supercamp, mencoba berbagai pengalaman baru di luar zona nyaman  rumah dan sekolah. Semoga sikap-sikap positif yang tertanam melalui kegiatan ini dapat terpatri dalam diri setiap siswa dan terimplementasi nyata dalam kehidupan sehari-hari, serta melekat menjadi karakter positif sepanjang hayat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *