Motivasi SMP “Meningkatkan Potensi Diri dengan Akhlak Qur’ani”

Motivasi SMP “Meningkatkan Potensi Diri dengan Akhlak Qur’ani”

Motivasi secara harfiah berasal dari bahasa Latin “movere”, yang berarti menggerakkan. Menurut Weiner (1990) motivasi didefenisikan sebagai kondisi internal yang membangkitkan kita untuk bertindak, mendorong kita mencapai tujuan tertentu, dan membuat kita tetap tertarik dalam kegiatan tertentu. Menurut Uno (2007), motivasi dapat diartikan sebagai dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya hasrat dan minat, dorongan dan kebutuhan, harapan dan cita-cita, penghargaan, dan penghormatan. Sedangkan Imron (1966) menjelaskan bahwa motivasi berasal dari bahasa Inggris “motivation” yang berarti dorongan atau pengalasan untuk melakukan suatu aktifitas hingga mencapai tujuan.

Dari serangkain pengertian para ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan; menyelesaikan; menghentikan; dan lain sebagainya, suatu aktifitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Merujuk pada makna tersebut, maka tajuk Motivasi pun digunakan sebagai salah satu kegiatan penuh makna di SMP AL BAYAN. Agenda tahunan ini diikuti oleh siswa kelas 9 sebagai upaya maksimal sekolah untuk mempersiapkan para siswa menghadapi Ujian Nasional medio April 2019 mendatang.

Achievement Motivation 2019 kali ini mengusung tema “Meningkatkan Potensi Diri dengan Akhlak Qur’ani”. Bertempat di Villa Kembar – Bogor, kegiatan yang berlangsung pada 17-18 Januari 2019 ini berlangsung padat aktivitas, mulai dari murojaah qur’an dan doa bersama sebagai persiapan batin menyongsong UNBK dari sisi religi. Tak hanya dari sisi agama, secara psikologis pun para siswa diberi penguatan mental melalui pelatihan motivasi untuk membangkitkan semangat juang mereka menghadapi ujian akhir. Kemudian para siswa pun diarahkan menyegarkan jiwa dan raga dengan beberapa permainan tim yang menyenangkan tanpa kehilangan makna positif.

Penulis: Puri Fitriyani, S. Sos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *