Menjajaki Kekayaan Alam Dengan Field Trip

Menjajaki Kekayaan Alam Dengan Field Trip

Field trip merupakan kegiatan keluar dari lingkungan sekolah selama satu hari atau lebih. Tujuan utama dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pelajaran dan pengalaman belajar yang menyenangkan. Mengapa sekolah perlu mengadakan field trip? Karena memori manusia, terutama mereka yang masih sekolah, berdasarkan apa yang mereka saksikan dan lihat secara langsung, bukan berdasarkan apa yang mereka dengar saja.

Diharapkan dengan adanya field trip, murid mampu mengingat dan merekam semua kejadian selama field trip, kemudian dikaitkan dengan pelajaran sekolah.

Lokasi tujuan kegiatan Field Trip tentunya disesuaikan dengan kebutuhan siswa, salah satunya berdasarkan tahap tumbung kembang kemampuan berpikir dan bersosialisasi.

Pada agenda Field Trip Tahun Ajaran 2018-2019 kali ini, para siswa SMP AL BAYAN melakukan kunjungan ke beberapa lokasi mendidik yang sarat manfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan mereka di luar sekat ruang kelas formal.

Siswa-siswi SMP AL BAYAN kali mengunjungi:
1. MUNASAIN (Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia
2. KEBUN RAYA BOGOR
3. Museum Zoologi Bogor.

Bagi beberapa siswa, ini merupakan pengalaman pertama mereka mengunjungi tempat-tempat sarat ilmu dan manfaat tersebut. Korelasi antara kunjungan Field Trip ini dengan teori pelajaran yang selama ini dibahas dalam ruang kelas pun dapat dibuktikan langsung oleh para siswa.

Melalui kegiatan ini, para siswa mendapat selingan menyegarkan sejenak terbenas dari rutinitas sehari-hari tanpa kehilangan momen untuk menimba ilmu. Merasakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan wawasan pun bertambah .

Penulis: Puri Fitriyani, S. Sos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *