Belajar dengan Alam di Godong Ijo, Depok

Belajar dengan Alam di Godong Ijo, Depok

Rabu pagi itu, siswa-siswi Level 1 SD Al Bayan terlihat sangat bersemangat dan datang ke sekolah lebih pagi dari pada biasanya. Sekitar pukul 06.00 sudah banyak siswa yang hadir dan berkumpul di selasar lantai dasar gedung sekolah.

Alasannya, tak lain dan tak bukan karena pagi itu para siswa level 1 akan melakukan sesi pembelajaran di luar sekolah dalam bentuk ‘Fieldtrip’. Adapun tujuan Fieldtrip level 1 kali ini adalah menuju Godong Ijo, Depok.

Perjalanan dari sekolah menuju Godong Ijo kurang lebih ditempuh dalam waktu sekitar tiga jam menggunakan bus wisata. Cuaca yang mendung gerimis tak mengurangi keceriaan para siswa, baik di dalam bus selama perjalanan atau pun saat melakukan aktivitas di Godong Ijo.

Beragam aktivitas edukatif yang dilakukan para siswa di Godong Ijo sangat sarat manfaat dan berlangsung dalam suasana menyenangkan. Para siswa belajar membuat tempat pensil dari bahan alam, yaitu dari potongan bambu, biji kacang kedelai dan biji mangar. Kemudian ada pula kelas ‘fun cooking’ menghias cupcake. Tak lupa juga ada keseruan saat para siswa menjajal wahana ‘flying fox’.

Selain itu mereka juga diajak untuk lebih mengenal flora dan fauna. Memberi makan beberapa satwa, baik yang umum dan sering mereka lihat seperti kelinci atau burung. Juga beberapa satwa yang tidak mudah mereka temui di lingkungan sekitar rumah, antara lain kura-kura raksasa Madagaskar dan burung Unta.

Siswa-siswi level 1 juga berkesempatan menjelajah kebun pendidikan, untuk melihat secara langsung beberapa jenis pohon dan tanaman yang tidak mudah ditemui. Seperti pohon kayu putih sebagai bahan pembuat minyak kayu putih. Tanaman padi dan beberapa jenis pohon buah-buahan.

Semua siswa mengikuti seluruh aktivitas dengan antusias dan gembira dari awal hingga akhir. Keceriaan tetap terpancar dalam perjalanan pulang kembali ke sekolah tercinta.

Penulis: Puri Fitriyani, S. Sos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *