SD Al Bayan Juara I Toilet Bersih

SD Al Bayan Juara I Toilet Bersih

Salah satu bagian terpenting dari suatu bangunan gedung. Entah rumah tinggal, pusat perbelanjaan, kios kecil, tempat ibadah, perkantoran, termasuk sekolah, semua membutuhkan toilet. Kendati tidak pernah tampil di depan dan menjadi sudut ruang yang sering dipamerkan, namun sejatinya toilet menguasai hajat hidup manusia.

Semua orang tentu sudah mengetahui fungsi utama toilet sebagai tempat pembuangan. Namun di era digital ini fungsi toilet ternyata menjadi berkembang hingga memiliki nilai tambah. Dari sudut pandang ekonomi, toilet sebagai komoditi bagi kemaslahatan umat ternyata juga memiliki nilai ekonomis yang dapat menghasilkan keuntungan.

Sementara dari sisi agamis, khususnya agama Islam, toilet memiliki peranan sangat penting bagi umat Islam sebagai sarana penunjang untuk menjaga kesucian tubuh dan lingkungan.

Berdasarkan sudut pandang kesehatan, toilet jelas menjadi kebutuhan krusial bagi terciptanya lingkungan hidup yang sehat.
Tak terbayangkan kesulitan yang dapat dialami umat Islam untuk menjaga kebersihan dan kesucian yang merupakan bagian dari fitrah keimanan, apabila tanpa bantuan toilet.

Perawatan toilet juga seringkali perlu mendapat perhatian khusus. Toilet di rumah pribadi cenderung lebih mudah terjamin kebersihannya dibandingkan toilet di area publik, termasuk sekolah.

Mengingat pentingnya keberadaan toilet yang bersih dan terawat, maka tidak mengherankan bila saat ini toilet sekolah menjadi salah satu perhatian utama bagi para orangtua siswa.

Dalam berbagai survey tidak resmi di komunitas-komunitas ‘Parenting’, toilet sekolah menjadi salah satu faktor utama yang dipertimbangkan orangtua sebelum memutuskan untuk mendaftarkan ananda tercinta ke sebuah sekolah tertentu. Banyak orangtua berpendapat, “Kalau merawat toilet saja tidak apik, bagaimana sekolah tersebut dapat merawat murid-muridnya?”.

Karena itu, LPI Al Bayan menjadikan perawatan toilet agar memenuhi standard kesehatan, kebersihan dan kesucian sebagai salah satu perhatian utama. Agar seluruh warga sekolah, terutama siswa senantiasa bisa menggunakan toilet yang nyaman dan aman.

Beberapa pihak yang sangat berjasa menjamin kenyamanan penggunan toilet di Al Bayan adalah jajaran OB dan OG, yang merupakan pasukan garda depan kebersihan toilet. Tak kenal lelah para OB dan OG memantau kebersihan toilet bahkan hingga berkali-kali dalam sehari.

Kerja keras mereka rupanya tak sia-sia. Selain para siswa, orangtua dan seluruh warga SD Al Bayan merasa nyaman menggunakan toilet, medio Maret 2019 ini perjuangan para OB dan OG juga diganjar predikat Juara I Toilet Bersih Tingkat Kecamatan Larangan.

Alhamdulillah, prestasi ini merupakan peningkatan dari tahun sebelumnya yang menempati posisi ketiga. Terimakasih banyak, kepada pimpinan unit SD Al Bayan dan divisi yayasan yang tak lelah mengontrol dan memberi evaluasi membangun bagi perawatan seluruh sekolah, termasuk toilet. Dan tentu saja ucapan terimakasih sebesar-besarnya terutama untuk para OB dan OG sebagai pelaksana utama penjaga kebersihan dan kenyamanan toilet sekolah. Semoga di masa mendatang dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang sudah dicapai hari ini.

Penulis: Puri Fitriyani, S.Sos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *