Istighfar dan Solat Menuntun pada Kesabaran

Istighfar dan Solat Menuntun pada Kesabaran

Salah satu agenda tahunan PTA TK AL BAYAN adalah mengadakan taklim Kajian Muslimah yang terbuka untuk umum. Bertempat di Mesjid At Tawwab, Kajian Muslimah tahun ini bertajuk ‘Sabar atas Segala Sesuatu yang Telah Allah SWT Takdirkan untuk Kita’, mengundang Ustadzah Lulung Mumtazah sebagai narasumber.

Ustadzah Lulung menyebutkan bahwa Sabar artinya menahan diri dari reaksi atau perbuatan spontan yg negatif terhadap takdir Alloh yang kurang menyenangkan hati.
Sabar juga memiliki makna dalam yaitu menahan diri dari segala sesuatu yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Karena itu, beliau pun berpesan agar semua manusia, khususnya para ibu rumah tangga selalu berusaha dan berdoa agar bisa menikmati semua fase kehidupan. Baik pahit manis, suka duka, ataupun asam garam kehidupan. Karena semua kejadian pasti ditakdirkan dengam maksud tertentu.

Salah satu cara dan upaya untuk memperoleh kesabaran hati dan perilaku adalah dengan terus berdoa meminta kesabaran, memperbanyak istighfar serta meningkatkan frekwensi solat sunnah.

Para ibu juga hendaklah selalu belajar dan tak putus menimba ilmu. Semua ayat Alloh yang dipelajari harus dipahami dari berbagai sudut pandang dan ulasan, antara lain:
1. Mengulas Ayat dengan ayat yang lain.
3. Mengulas Ayat dan kaitannya dengan Al hadist.
3. Mengulas ayat dengan sejarah peradaban manusia.
4. Mengulas ayat dengan fakta realita yang terjadi di sekitar kita.

Semua kajian yang telah dipelajari akan memperkaya khazanah ilmu manusia. Dan apabila mengalami kebingungan karena beragam informasi dan ilmu yang diperoleh, maka pilihlah ilmu yang terbaik untuk kita. Definisi ilmu terbaik adalah, ilmu yang sanggup kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis: Puri Fitriyani, S. Sos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *