Pelatihan Dokter Kecil Puskesmas Kecamatan Larangan Utara dan PMI Kota Tangerang

Pelatihan Dokter Kecil Puskesmas Kecamatan Larangan Utara dan PMI Kota Tangerang

Di penghujung semester genap Tahun Pelajaran 2018-2019 ini Tim Ekskul Dokter Kecil SD Al Bayan mendapat undangan dari Puskesmas Larangan Utara untuk mendapatkan pelatihan dasar Dokter Kecil.

Bertempat di Puskesmas Larangan Utara, sesi pelatihan kali ini bekerja sama dengan PMI Kota Tangerang. Diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari 5 sekolah dasar di lingkup Kecamatan Larangan Utara.

Ada dua materi besar yang diberikan dalam kesempatan kali ini. Materi pertama disampaikan oleh Puskesmas Larangan Utara yang diwakili oleh Bidan Nirwana. Memberikan materi berkaitan dengan penyakit Demam Berdarah Dengue. Bidan Nirwana menyampaikan asal muasal penyebab DBD, cara pencegahan dan cara pengobatannya. Para siswa juga melakukan praktek singkat memantau dan mengenali jentik nyamuk di dalam kubangan air.

Materi berikutnya diberikan oleh para kakak PMI Kota Tangerang. Kakak pelatih PMI memberi pelatihan dasar P3K. Antara lain cara menangani luka terbuka. Prosedur penanganan pertama pada patah tulang dan lain-lain.

Penulis: Puri Fitriyani, S.Sos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *