Kegiatan Peragaan Manasik Haji TK Al Bayan Islamic School 2019-2020

Kegiatan Peragaan Manasik Haji TK Al Bayan Islamic School 2019-2020

Ibadah Haji merupakan salah satu rukun islam yang perlu dikenalkan pada anak usia dini. Pada pembelajaran di TK dikenal dengan istilah manasik haji yaitu proses peragaan kegiatan tata cara beribadah haji beserta mengenal bacaan do’a-do’a nya. Program rutin tahunan ini diselenggarakan oleh TK Al Bayan Islamic School, yang berlokasi di halaman parkir TK Al Bayan, komplek Masjid At Tawwaab, Larangan Tangerang. Pada tahun ini kegiatan manasik haji di ikuti oleh 141 peserta didik, yang terdiri dari 66 peserta didik TK A dan 75 peserta didik TK B. Dengan bantuan dan dukungan dari ketua panitia manasik haji, 20 guru pembimbing dan 11 bunda PTA pelaksanaan manasik haji tahun ini berjalan dengan lancar. Pelaksanaan kegiatan manasik yang tertib dan teratur sesuai dengan kondisi sebenarnya diharapkan dapat membuat para murid termotivasi dan semangat untuk melaksanakan ibadah haji sesungguhnya kelak.

. Dalam peragaan manasik ini kepada peserta didik diajarkan urutan ibadah haji; mulai dari berihram di Miqat diikuti dengan niat haji, kemudian praktek wuquf di Arafah, praktek melempar jumroh di Mina, praktek Thawaf Ifadhah, dan praktek Sa’i dari Shafa ke Marwah, serta ditutup dengan tahallul. Di samping itu peserta didik juga diajarkan bacaan doa saat minum air zam zam serta cara menggunakan uang real untuk berbelanja kurma setelah mengikuti proses ibadah haji.

Manfaat pelaksanaan manasik haji pada anak TK merupakan salah satu cara untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik, sehingga diharapkan dapat memberikan kesan yang positif bagi tumbuh kembangnya anak. Selain itu pelaksanaan manasik haji diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan khususnya pada aspek pengembangan Agama. Pada usia TK, pendidikan yang baik tidak hanya dalam bentuk ajaran atau teori saja tetapi juga harus dipraktekkan. Oleh sebab itu pelaksanaan manasik haji di TK merupakan salah satu tehnik pembelajaran yang menarik dalam pengenalan praktek ibadah guna mendukung pengembangan nilai agama, nilai dan moral di sekolah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *